Rabu, 31 Juli 2013

SOP Smart Tax Competition TAXPLORE 2013

A. KetentuanUmum

  • Lomba babak pertama pengisian soal pilihan ganda dan lomba dengan format ranking 1 akan dimulai pada tanggal 29 November 2013 di Auditorium Gd. M lt.4 FISIP UI pada pukul 08.00 WIB. Peserta diwajibkan datang 1 jam sebelum lomba dimulai untuk melakukan pendaftaran ulang.
  • Lomba babak kedua (metode Post and Move) akan dimulai setelah babak pertama selesai yaitu pukul 11.00 WIB.
  • Lomba babak ketiga/final (Cerdas Cermat dan Debat) akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2013 yaitu pukul 13.00 WIB di Auditorium Gedung Terapung, Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia.
Apabila peserta mengikuti lomba setelah Smart Tax Competition dimulai, maka tidak ada pengulangan soal dan penambahan waktu.


B. PelaksanaanLomba              
                                 
Lomba ini dibagi menjadi 3 babak, yaitu: Babak Pertama (pengisian soal pilihan ganda dan ranking 1 dengan sistem poin), Babak Kedua (dengan metode Post and Move), dan Babak Final (Cerdas cermat diikuti tiga tim dengan poin tertinggi dan debat yang diikuti oleh dua tim pemenang lomba cerdas cermat). 
Pihak panitia akan menyediakan alat tulis yang diperlukan untuk babak pertama (ranking 1) yaitu spidol, penghapus, danpapanjalan.
    Selain itu, peserta harus memiliki peralatan alat tulis lengkap (untuk babak kedua dan ketiga). Tidak diperkenankan bagi peserta untuk meminjam alat tulis milik peserta lainnya. Peserta yang ditemukan menyontek jawaban peserta lain, akan didiskualifikasi dan dianggap gugur.
      
      Babak Pertama(Pilihan Ganda dan format ranking 1)

  •       Masing-masing peserta akan duduk berjauhan dengan peserta lainnya. Masing-masing peserta akan duduk bersama timnya. Setiap tim akan diberikan spidol, penghapus, dan papan jalan oleh panitia.        
  •       Setiap tim akan menjawab 50 soal Pilihan Ganda dalam waktu 30 menit dengan total nilai 1000 poin dan 20 soal yang diberikan oleh MC dengan menuliskan jawabannya diatas papan jalan tersebut. Setelah peserta mengisi jawabannya, peserta diwajibkan untuk mengangkat papan jalan tersebut di atas kepalanya.
  •           Soal dengan format ranking satu memiliki jenjang poin yang berbeda setiap 5 soal (5 soal pertama dengan poin 30, 5 soal kedua dengan poin 40, 5 soal ketiga dengan poin50 dan 5 soal terakhir dengan poin 60-100). Enam tim dengan poin tertinggi akan melaju ke babak berikutnya.
  •       Apabila dalam batas waktu yang ditentukan setelah pembacaan soal oleh MC peserta tidak mengangkat papan jalannya, maka peserta tersebut dianggap gugur.
  •       Selama proses pengisian jawaban di atas papan jalan, peserta dilarang menyontek jawaban milik peserta lain. 
  •       Apabila ada tim dengan poin yang sama pada nilai akhir, maka akan dihitung jumlah soal yang dijawab dengan benar.
  •       Peserta disarankan membawa kalkulator.
  •       Akan ada pertanyaan bonus.
Babak Kedua (Lomba dengan metode Post and Move)

  • Enam tim akan akan saling berhadapan di babak kedua ini untuk menjawab soal yang tersedia di meja masing-masing tim.
  • Setiap tim akan mengerjakan 10 soal dalam waktu 90 detik tiap soal.
  • Pengumuman 3 tim dengan point tertinggi akan diumumkan pada Sabtu, 30 November 2013 setelah acara seminar berlangsung.
Babak Ketiga(Cerdas Cermat dan Debat)

  • Lomba Cerdas Cermat akan diikuti tiga tim pemenang.
  • Akan ada tiga sesi dalam cerdas cermat.
  • Sesi pertama ada 15 soal yang wajib dijawab setiap tim. Setiap soal bernilai 10 poin. Dijawab oleh individu dalam tim secara bergiliran.
  • Sesi kedua terdapat 12 soal. Setiap tim akan dapat 4 soal, setiap 1 soal yang dijawab pertama bernilai 20 poin dan apabila salah dikurangi 5 poin, dan apabila salah maka soal akan dilempar ke tim berikutnya dan mendapatkan 15 poin bila benar dikurangi 5 poin bila salah. Dan apabila masih salah juga, maka akan dilemparkan ke tim berikutnya, dan mendapatkan 10 poin jika benar dan berkurang 5 poin jika salah. Apabila soal tidak dapat dijawab oleh ketiga tim, maka akan dilanjutkan dengan soal lain.
  • Sesi ketiga terdapat 10 soal bertingkat yang merupakan soal rebutan. Soal akan bertambah 10 poin tiap pergantian soal. Dan apabila salah berkurang 10 poin.
  • Sesi keempat adalah sesi pertaruhan nilai, terdapat 3 soal. Tiap tim mempertaruhkan nilainya untuk menjawab soal. Poin yang ditaruhkan akan mempengaruhi poin yang didapat ketika menjawab benar dan pengurangan poin ketika menjawab salah.
  • Poin diakumulasi dan dua tim dengan poin tertinggi akan melaju ke babak debat, tim dengan poin terendah akan memperoleh predikat “Juara 3".
  • Kemudian dua tim dengan poin tertinggi akan melaju ke babak debat.
  • Mosi debat ditentukan oleh panitia
  • Pemilihan pihak pro atau kontra dengan cara mengambil undian
  • Tim menentukan anggota sebagai pembicara pertama, kedua dan ketiga. Pembicara pertama bertugas untuk memaparkan landasan pemikiran. Pembicara kedua bertugas untuk menentang landasan pemikiran lawan. Pembicara ketiga bertugas untuk berargumen dan di sesi akhir debat salah satu anggota tim memberikan kesimpulan.
  • Debat ini akan diawasi oleh dua juri.
  • Akan ada time keeper untuk membatasi jumlah waktu peserta dalam melakukan debat.
  • Apabila peserta kehabisan waktu dalam berargumen namun tetap melanjutkan argumennya, pihak juri berhak menegurnya.
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Secara keseluruhan lomba debat akan berlangsung selama 20 menit.

C. Pemenang

 Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada Sabtu, 30 November 2013 pada akhir rangkaian acara Taxplore 2013. 

D. Biaya Pendaftaran

Pendaftaran sebesar Rp300.000 untuk Smart Tax Competition termasuk seminar

Taxplore 2013 : Tax in Our Hands = Tax in a Better Place

Tidak ada komentar:

Posting Komentar